Previous
Next
Selamat Datang Pada Website Resmi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Jambi
KURIKULUM

KURIKULUM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI

 

Kurikulum Magister Teknologi Pendidikan  Program Pascasarjana Universitas Jambi ditujukan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang menunjukkan:

  1. Keunggulan intelektual-akademik menurut kompetensi inti akademik dan kecakapan-sikap umum, yang didasarkan pada kemampuan pencapaian keunggulan intelektual-akademik menuruk kompetensi pengetahuan substantif.
  2. Kemampuan bertanggungjawab untuk tumbuh kembang, sebagai pribadi yang matang dan mandiri, dengan integritas dan komitmen dalam meraih keunggulan dibidang ilmunya.
  3. Kemampuan diri yang lebih bebas/fleksibel serta orisinil dalam mengekspresikan diri berdasarkan sikap profesionalnya, dengan lebih sadar tentang pertumbuhan sikap dan perasaan dirinya terhadap bidang ilmunya (feelings and affection), dan terbuka untuk pilihan tanggung jawab kehidupan karirnya bersama orang lain.
  4. Sikap toleransi yang didasarkan pada akhlak-moral dari kekayaan spiritual dalam kehidupan akademik dan sosialnya.
  5. Kemampuan mengembankan kepedulian dan kebersamaan dalam sikap maupun tindakan, dengan saling percaya, bekerjasama saling membantu, dan membangun iklim yang kondusif untuk mendukung peningkatan produktivitas tugas/kerja profesional.
  6. Kemampuan mengelola tugas/pekerjaan berbasis kematangan sosial yang cerdas-mandiri dan memiliki komitmen keadilan dan peduli terhadap kehidupan masyarakat dan membantu penegakan keadilan dan martabat kemanusiaan.

Untuk mencapai standar kompetensi lulusan diatas, dibentuk deskriptor yang menggambarkan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik program studi sebagai berikut:

  1. Penguasaan kompetensi inti akademik dan penguasaan pengetahuan substantif beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik-statistik, dan kemahiran subyek akademik sesuai bidang profesionalnya dalam pemantapan kecakapan dan sikap-sikap umum intelektual/akademik.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil resiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karir dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karir.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi-terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagaman orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

  1. Komponen   Kurikulum Program Magister

 

Komponen kurikulum program Magister terdiri atas:

a)      Mata Kuliah Kompetensi Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Kompetensi Umum merupakan pengetahuan yang harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.

b)      Mata Kuliah Kompetensi Utama adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

c)       Mata Kuliah Kompetensi Pendukung adalah kelompok bahan kajian yang bertujuan mendukung penguasaan kompetensi utama. Khusus program magister kependidikan kompotensi pendukung merupakan kelompok bidang kajian yang mendukung pembentukan kompetensi profesional bidang pendidikan.

d)      Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonkependidikan. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan landasan pengetahuan kependidikan  yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan selanjutnya.

Mata kuliah matrikulasi bagi program studi nonkependidikan adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dengan program studi tersebut.

e)      Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasar pada hasil studi penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan dengan persyaratan metodologi disiplin ilmu yang ada pada program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah, dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

  1. Mata Kuliah Kompetensi Umum

Mata kuliah kompetensi umum adalah mata kuliah yang melandasi pembentukan kemampuan dan keterampilan meneliti yang terdiri atas:

 

  1. 1.       Filsafat Ilmu I (3 SKS)

Mata kuliah Filsafat Ilmu bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memahami hakikat ilmu (the nature of science) dalam hubungan dengan berbagai pengetahuan lain, berbagai cara memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofid dan kritis logis; dengan tidak mengabaikan keterbatasan ilmu dan metode-metode ilmiah dan batasan-batasan moral dan sosialnya sebagai upaya untuk memperoleh dan memanfaatakan pengetahuan.

Mata Kuliah Filsafat Ilmu mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal maupun sosial.

 

  1. 2.       Metodologi Penelitian (3 SKS)

Metodologi Penelitian bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik masalah yang digunakan untuk menarik kesimpulan, dan menyusun pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian.

Mata Kuliah Metodologi Penelitian mencakup paradigma penelitian, sistematika dan prosedur ilmiah dalam perumusan masalah, penentuan desain dan metode penelitian yang tepat, teknik pengumpulan data, dan penyajian data yang tepat, andal, dan dapat dipercaya (credibel), pemilihan analisis data, teknik inferensial dan pembahasannya, serta konklusinya.

 

  1. 3.       Statistika I (3 SKS)

Mata Kuliah Statistika bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memilih formulasi statistika yang sesuai dengan jenis data, baik untuk mendeskripsikan data, maupun melakukan inferensi dan penafsirannya dari hasil analisis data sesuai dengan jenis data melalui analisis bivariat maupun multivariat. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk analisis data dan dapat memberikan interpretasi yang tepat untuk kepentingan menyusun kesimpulan analisis.

 

  1. Mata Kuliah Kompetensi Utama

Mata Kuliah kompetensi utama adalah mata kuliah yang membentuk sikap dan perilaku berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai, sebagai dasar pengembangan profesionalisme dalam bidangnya. Mata kuliah kompetensi pendukung terdiri atas:

 

  1. 1.       Landasan Teknologi  Pendidikan (3 SKS)

Mata kulian ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai teknologi pendidikan agar mampu mengaplikasikan dan mengembangkan dalam pembelajaran di program studi.

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai perkembangan  teknologi  baik teori, prinsip, model, paradigma, konstruk serta manfaat, dampak dan aplikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada pengembangan dan penerapan konsep belajar terbuka, termasuk belajar jarak jauh dan belajar berbasis aneka sumber (resource-based learning). Pembahasan meliputi perkembangan dari aspek kerekayasaan, kemasyarakatan, keekonomisan, kepsikologisan dan dari aspek kependidikan sendiri. Kegiatan perkuliahan termasuk pemberian pengalaman langsung (hands-on experience) dalam memanfaatkan teknologi.

 

  1. Desain Pembelajaran (TP 001) 3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji  konsep, prinsip-prinsip, dan  prosedur pengembangan desain pembelajaran. Kajian lebih rinci meliputi teori-teori yang berkaitan dengan pengembangan desain pembelajaran, seperti teori belajar, taksonomi tujuan pembelajaran, model-model pembelajaran inovatif, dan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran.

 

  1. Pembelajaran dengan Berbasis Teknologi I (TP 002) 3 SKS

Secara komprehensif mata kuliah ini membahas mengenai teknologi informasi serta dampaknya terhadap perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran. Fokus pembahasan pada pengembangan dan pembelajaran terbuka, yakni teknologi informasi sebagai sumber belajar dan bagaimana pencarian  literatur serta isu-isu  pendidikan yang berkembang  dewasa ini. Perkembangan isu-isu pendidikan dikaitkan dengan perekayasaan, kemasyarakatan, perekonomian, psikologis, dari aspek-aspek pendidikan.

 

  1. Produksi Media Pembelajaran (TP 003) 3 SKS

Mata kuliah ini membahas berbagai jenis dan sumber media yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Kajian secara rinci meliputi: hakekat, kedudukan, fungsi, manfaat, dan cara memilih media yang digunakan, mekanisme dalam pengembangan dan produksi media, baik media sederhana maupun media berbasis teknologi modern (multimedia), serta penggunaanya dalam pembelajaran.

 

  1. Desain Pesan Pembelajaran (TP 004) 3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji  konsep, prinsip-prinsip, dan  prosedur pengembangan desain pesan pembelajaran (massages instructional design). Kajian meliputi teori-teori yang berkaitan dengan pengembangan desain pesan pembelajaran, model-model desain pesan pembelajaran, pendekatan-pendekatan dalam desain pesan pembelajaran, dan pengor-ganisasian materi pembelajaran.

 

  1. Pembelajaran Berbasis Teknologi II (TP 005) 3 SKS

Kajian pada mata kuliah ini meliputi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai tool dan pembelajaran yang terintegrasi serta dampaknya terhadap perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran. Pembahasan difokuskan kepada pemanfaatan TIK sebagai tool yang penerapannya dalam model terbuka, yakni TIK sebagai sumber belajar, menyangkut program animasi/simulasi dan bagaimana pencarian literatur pembelajaran terintegrasi terkait dengan isu-isu pendidikan yang berkembang dewasa ini. Perkembangan isu-isu pendidikan dikaitkan dengan desain instruksional, materi pelajaran, kurikulum, model pembelajaran dari aspek-aspek pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan online/jarak jauh melalui program e-learning.

 

  1. Evaluasi Pendidikan (TP 006) 3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang evalasi program pendidikan dan pengukuran terhadap praktik pendidikan. Evaluasi program pendidikan ditujukan  bagi penilaian keefektifan dan efisiensi program yang selanjutnya menjadi  dasar penyusunan umpan balik dan kebijakan yang relevan  dengan persoalah program. Evaluasi dan pegukuran terhadap praktik  pendidikan difokuskan pada pebahasan evaluasi sebagai alat untuk menilai keberhasilan dan kegagalan praktik pembelajaran yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan umpan balik dan rekomendasi bagi praktik pembelajaran selanjutnya.

 

 

 

  1. 8.        Model-model Pembelajaran (TP 007) 3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang pendekatan sistem dalam kegiatan pembelajaran, model-model pembelajaran pada umumnya dan model-model pembelajaran inovatif. Tujuan akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat merancang model pembelajaran yang efektif.

  1. 9.       Manajemen Sumber-sumber Belajar (MTP 008) 2 SKS

Kajian pada matakuliah ini meliputi cara-cara pengelolaan sumber-sumber belajar, baik berupa fisik,  maupun orang dalam upaya memfasilitasi proses pembelajaran secara kelompok ataupun individual yang mencapai tujuan pembelajaran yang  efektif, efisien, dan berdaya tarik.

 

  1. Sistem Informasi Pendidikan (MTP 009) 3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep sistem informasi, bentuk-bentuk, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembuatan keputusan bidang pendidikan,  serta pemanfaatan sistem informasi bagi pendidikan jarak jauh.

 

  1. Mata Kuliah Pendukung

Mata Kuliah kompetensi pendukung adalah mata kuliah yang membentuk sikap dan perilaku berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai, sebagai dasar pengembangan profesionalisme dalam bidangnya. Mata kuliah kompetensi pendukung terdiri atas:

 

 

 

  1. 1.       Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan (3 SKS)

Mata kulian ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan agar mampu mengaplikasikan dan mengembangkan dalam pembelajaran di program studi.

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai perkembangan sistem teknologi media komunikasi dan informasi baik teori, prinsip, model, paradigma, konstruk serta manfaat, dampak dan aplikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada pengembangan dan penerapan konsep belajar terbuka, termasuk belajar jarak jauh dan belajar berbasis aneka sumber (resource-based learning). Pembahasan meliputi perkembangan dari aspek kerekayasaan, kemasyarakatan, keekonomisan, kepsikologisan dan dari aspek kependidikan sendiri. Kegiatan perkuliahan termasuk pemberian pengalaman langsung (hands-on experience) dalam memanfaatkan teknologi.

 

 

  1. 2.       Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa agar dapat memahami dan menjelaskan kedudukan, hakikat, dan pembagian psikologi dan psikologi belajar.

Mata kuliah ini berisi: pengantar, landasan pengertian serta objek psikologi, berbagai aliran baru seperti behavioristik, kognitif, neuroscience, dan psikologi belajar serta berbagai perbedaan dan persamaan konsep-konsep psikologi belajar. Isu-isu  dan tantangan baru bagi para ahli pendidikan dan ahli psikologi dalam upaya peningkatan mutu praktik pendidikan atas dasar temuan-temuan mutakhir teori ilmiah dibidang psikologi pendidikan. Pendekatan-pendekatan baru dalam Psikologi Pendidikan yang merupakan paduan antara disiplin ilmu pendidikan, kognitif, neuroscience, berbagai aspek dasar-dasar ilmu, dan teori psikologi serta teori belajar.

 

  1. Mata Kuliah Matrikulasi

Bagi mahasiswa yang berasal dari program studi nonkependidikan (non IKIP termasuk perubahannya, FKIP, Fakultas Tarbiyah) dan atau non-linier diwajibkan mengikuti mata kuliah Matrikulasi. Mata kuliah Matrikulasi terdiri atas dua jenis, yaitu matrikulasi kependidikan yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana (diselenggarakan pada bulan Agustus) dan mata kuliah matrikulasi program studi yang dilaksanakan pada perkuliahan semester pertama disetiap program studi yang mencirikan dasar keilmuan program studi.

  1. Matrikulasi kependidikan dilaksanakan pada bulan Agustus untuk mahasiswa yang diterima pada semester gasal dan bulan Februari untuk mahasiswa yang diterima semester genap. Matrikulasi Kependidikan terdiri dari dua mata kuliah yaitu Landasan Ilmu Pendidikan (3 sks) dan Psikologi Pendidikan (3 sks)
  2. Matrikulasi program studi dilaksanakan pada semester gasal. Matrikulasi program studi terdiri atas satu atau dua mata kuliah masing-masing 3 sks yang ditentukan oleh masing-masing program studi.

 

  1. Tesis

Tesis merupakan bagian dari kompetensi utama dengan bobot 6 sks yang terdiri atas:

  1. Seminar praproposal
  2. Seminar proposal
  3. Ujian tesis

 

  1. Struktur Kurikulum Program Magister Teknologi Pendidikan

 

  1. Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan Program Magister Teknologi Pendidikan adalah kompetensi lulusan yang dibentuk oleh kompetensi umum, utama dan pendukung dari bidang studi, yaitu:

 

Lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan berpikir kritis/analitis, evaluatif, konseptual, reflektif dan implementatif dalam bidang Teknologi Pendidikan. Menerapkan fleksibilitas dan adaptabilitas untuk mengubah perilaku dan pendekatan dalam upaya menyesuaikan diri pada situasi, dan pengenalan perubahan sistem pembelajaran, serta pemenuhan kebutuhan situasi yang spesifik melalui model sistem belajar dan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang mencirikan kebaruan teori dalam Teknologi Pendidikan.

 

Kompetensi Program Studi Teknologi Pendidikan dapat dideskripsikan sebagai berikut:

1)      Memahami konsep analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi evaluasi/kajian dalam Teknologi Pendidikan.

2)      Menerapkan paradigma baru pembelajaran dalam Teknologi Pendidikan.

3)      Mengembangkan pengetahuan dan mengutamakan pemahaman mendasar (kompetensi fundamental/dasar ilmu pengetahuan) tentang gagasan-gagasan pokok atau sentral yang sesuai bidang Teknologi Pendidikan.

4)      Mensistesiskan model sistem belajar dan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang mencirikan kebaruan teori yang digunakan dalam Teknologi Pendidikan.

5)      Mengevaluasi program sistem belajar dan pembelajaran dengan berbagai pendekatan mutakhir yang mencirikan kebaruan teori Teknologi Pendidikan.

 

 

  1. Mata Kuliah
  1. Kompetensi Umum

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 501

Filsafat Ilmu I

3

PPs 502

Metodologi Penelitian

3

PPs 503

Statistika

3

 

  1. Kompetensi Utama

KODE

MATA KULIAH

SKS

TP 501

Landasan Teknologi Pendidikan

3

TP 502

Disain Pembelajaran

3

TP 503

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar

3

TP 504

Teknologi Kinerja

3

TP 505

Pengembangan Sumber Belajar dan Media Belajar

3

TP 506

Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan

3

PPs 599

Tesis

6

 

  1. Kompetensi Pendukung

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 504

Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan

3

PPs 505

Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan

3

 

  1. Matrikulasi

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 401

Landasan Ilmu Pendidikan*

3

PPs 402

Psikologi Pendidikan*

3

TP 401

Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran**

3

*   Mata Kuliah Matrikulasi Pendidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

 

 

logo kota jambi
MTP UNIVERSITAS JAMBI
Jl. Raden Mattaher No.16 Jambi
Kota Jambi
Telp./Fax (0741) - 35034
Statistik Situs
  • IP Anda : 54.162.164.86
  • Hari : 110 Views
  • Bulan : 2547 Views
  • Total : 101139 Views

Back to Top