Previous
Next
Selamat Datang Pada Website Resmi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Jambi
SEJARAH

Program Studi Magister Teknologi Pendidikan (Prodi MTP) berdiri sejak tahun 2007 dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:  3807/D/T/2007 tanggal 26 November 2007. Berdirinya Prodi MTP berdasarkan usulan Rektor Universitas Jambi atas pertimbangan pengembangan Lembaga, dan pelayanan terhadap kebutuhan peningkatan kualitas sumberdaya manusia di daerah  Propinsi Jambi khususnya dan Nasional pada umumnya.

Magister Tekhnologi Pendidikan merupakan program studi Strata-2 pertama di bidang ilmu pendidikan pada Universitas Jambi. Kehadiran Prodi MTP  dianggap tepat dalam meningkatkan sumberdaya manusia yang berkecimpung dibidang pendidikan di propinsi Jambi karena objek formal  teknologi pendidilkan adalah memecahkan masalah belajar manusia, menganalisis masalah, melaksanakan tindakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah tersebut.

Kebijakan kementerian pendidikan dan kebudayaan membuat program jaringan pendidikan nasional (JARDIKNAS), menjadikan peluang dan tantangan bagi program studi Magister Teknologi Pendidikan untuk mendidik guru-guru dan tenaga kependidikan dalam mengintegrasikan  teknologi informasi dalam pembelajaran, pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan manajemen pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai kegiatan pendidikan.

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) telah mensyaratkan bahwa; guru mulai jenjang pra sekolah sampai SLTA minimal berpendidikan S1, dan dosen perguruan tinggi minimal berpendidikan S2. Disamping itu Guru diharuskan pula  memiliki 4 (empat) kompetensi yaitu ; pedagogik, keahlian bidang studi, sosial dan kepribadian. Artinya Guru dan Dosen dipersyaratkan untuk profesional dalam menjalankan tugas. Karena itu kehadiran MTP diharapakan dapat meningkatkan profesionalisme tenaga penddidik/akademik.

Berdasarkan kebutuhan, minat dan kepentingan mengembangkan profesionalisme dalam bidang kependidikan, maka berdirinya prodi ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para pelaku pendidikan baik pada jenjang sekolah menengah ke bawah maupun pendidikan tinggi. Hal ini diindikasikan dengan diterimanya 72 orang mahasiswa S2 MTP angkatan I  untuk tahun akademik 2007/2008. Pengelola Program pada priode awal S2 MTP  ditunjuk oleh Rektor Universitas Jambi yaitu ;  Ketua adalah Dr. Suratno, M.Pd dan Sekretaris adalah Dr. M. Rusdi, M.Sc. 

logo kota jambi
MTP UNIVERSITAS JAMBI
Jl. Raden Mattaher No.16 Jambi
Kota Jambi
Telp./Fax (0741) - 35034
Statistik Situs
  • IP Anda : 54.162.218.214
  • Hari : 48 Views
  • Bulan : 3322 Views
  • Total : 92531 Views

Back to Top